Robot Penyedot Debu Menggunakan Pengendali Suara Berbasis Logika Fuzzy

Main Article Content

Syafiq Ubaidillah
Misik Rahayu Oktaningsih
Nobri Wicaksono
Baliyah Ahmad Fathoni
Muhammad Fajar Saifuddin
Siti Sendari

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia saat ini telah berkembang sangat pesat, terutama perkembangan teknologi dibidang robotika. Saat ini, robot memberi pengaruh besar kehidupan masyarakat, karena memiliki banyak manfaat salah satunya memberi kemudahan dalam pekerjaan manusia. Hasil dari tugas akhir ini adalah robot penyedot debu dengan pengendali suara berbasis fuzzy. Robot ini dapat bekerja dengan kontrol suara melalui perangkat android, dimana sistem mekanik robot ini mengadopsi dari sistem mobil remot kontrol dan robot penghindar halangan. Robot ini memanfaatkan fitur bluetooth yang ada di smartphone untuk mengontrol robot tersebut. Proses pengiriman perintah adalah melalui bluetooth dengan proses konversi suara menjadi deretan string yang kemudian dikirimkan melalui bluetooth dari android menuju modul bluetooth HC-05 yang terhubung dengan mikrokontroller. Mikrokontroller arduino akan memproses perintah yang diberikan berupa gerakan. Fan yang dipasang pada bagian bawah robot akan berfungsi sebagai penyedot debu dan dengan bantuan beberapa sensor ultrasonik yang dipasang untuk menghindari halangan.

Article Details

How to Cite
Syafiq Ubaidillah, Misik Rahayu Oktaningsih, Nobri Wicaksono, Baliyah Ahmad Fathoni, Muhammad Fajar Saifuddin, & Siti Sendari. (2018). Robot Penyedot Debu Menggunakan Pengendali Suara Berbasis Logika Fuzzy. SinarFe7, 1(1), 109–112. Retrieved from https://journal.fortei7.org/index.php/sinarFe7/article/view/517
Section
Articles

References

. Lodhi, Deepak. 2016. Smart Electronic Wheelchair Using Arduino and Bluetooth Module. IJCSMC: Vol. 5, Issue. 5, May 2016, pg.433 – 438.

. Azam, G., and M. T. Islam. "Design and Fabrication of a Voice Controlled Wheelchair for Physically Disabled People"

. Sobia, M. Carmel, V. Brindha, and A. Abudhahir. "Facial expression recognition using PCA based interface for wheelchair." Electronics and Communication Systems (ICECS), 2014 International Conference on. IEEE, 2014.

. Rajini, Gangadhari and Lr Siva. "Android Mobile Phone Controlled Bluetooth Robot Using Arm7 Microcontroller." (2015).