RANCANG BANGUN RECOIL INDICATOR DAN PULLER BACK KANON OTOMATIS PADA TANK SCORPION

Main Article Content

Aji Paringga Jati
Anggraini Puspita Sari
Jeki Saputra

Abstract

Puller Back Kanon adalah suatu perangkat yang digunakan untuk mengecek gerak mundur Kanon. Perangkat ini sering digunakan prajurit Kavaleri untuk melaksanakan proses pemeliharaan senjata Kanon. Puller Back disusun sedemikian rupa agar bisa menarik laras Kanon. Puller Back akan melakukan pulling back (menarik laras) dengan menggunakan tuas secara manual. Recoil Indicator adalah perangkat yang berfungsi untuk membaca nilai jarak gerak mundur dari Kanon. Peralatan yang ada saat ini masih menggunakan manual dan digerakkan dengan tenaga manusia saat menarik Puller Back dan menggeser Recoil Indicator.


Penelitian ini difokuskan untuk mewujudkan sebuah alat otomatis untuk mengukur gerak mundur Kanon dan alat pemeliharaan tanpa menggunakan tenaga yang besar. Rangkaian disusun atas komponen-komponen sebagai berikut: Arduino Nano, sensor Ultrasonic HC-SR04, modul NRF24L01, LCD I2C, Relay dan Motor DC.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk menggerakkan aktuator menggunakan mikrokontroler. Program dibuat menggerakkan rangkaian aktuator sejauh 20 cm secara otomatis. Jarak terdeteksi menggunakan sensor Ultrasonic sedangkan komunikasi wireless membantu dalam pengiriman data tanpa kabel. Kemudian akan ditampilkan pada LCD melalui I2C.

Article Details

How to Cite
Aji Paringga Jati, Anggraini Puspita Sari, & Jeki Saputra. (2018). RANCANG BANGUN RECOIL INDICATOR DAN PULLER BACK KANON OTOMATIS PADA TANK SCORPION. SinarFe7, 1(1), 129–134. Retrieved from https://journal.fortei7.org/index.php/sinarFe7/article/view/522
Section
Articles

References

. Z. Isfarizky and A. Mufti, “Rancang Bangun Sistem Kontrol Pemakaian Listrik Secara Multi Channel Berbasis Arduino ( Studi Kasus Kantor LBH Banda Aceh ),” vol. 2, no. 2, pp. 30–35, 2017.

. F. Sinantya, “Implementasi Sistem Bel Rumah Otomatis Berbasis Sensor Ultrasonik” Elkomika., vol. 3, no. 1, Januari-Juni, 2015.

. B. Fajriansyah, “Evaluasi Karakteristik Xbee Pro dan NRF24L01 sebagai Transceiver Nirkabel” Elkomika., vol. 4, no. 1, hlm 83-97, Januari-Juni, 2016.

. S. Hariadi, P. Ilmu, P. Sosial, P. Pascasarjana, and U. K. Malang, “PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA

PEMBELAJARAN LCD Samsul Hariadi Bahwa nasional terutama berkaitan dengan Undang- bahwa laboratorium dan media pembelajaran , menyenangkan bagi peserta didik .,” vol. 11, no. 1, pp. 100–110, 2017.

. I. Dinata and W. Sunanda, “Implementasi Wireless Monitoring Energi Listrik Berbasis Web Database,” J. Nas. Tek. Elektro, vol. 4, no. 1, pp. 83–88, 2015.

. N. Nugroho, “Analisa Motor DC sebagai Penggerak Mobil Listrik” Mikrotiga, vol. 2, no. 1, Januari, 2015.