Rancang Bangun Radio Direction Finder Untuk Menentukan Arah Pancaran Antena Kesumber Frekuensi Radio

Main Article Content

Sandhya Hizrian Sabila
Puput Dani Prasetyo Adi
M. Baidlowi

Abstract

Radio Direction Finder (RDF) berguna untuk pencari arah pemancar radio yang digunakan oleh pasukan kita di medan operasi dan peralatan ini sangat membantu sekali di dalam menentukan posisi atau kedudukan pos komando musuh dengan jalan menangkap arah pancaran radio yang dipakainya. Mendukung suksesnya penugasan personiil TNI AD didaerah operasi maupun di penugasan-penugasan lainnya. Radio ini terhubung langsung dengan Arduino Nano yang juga menggerakkan antena yang berfungsi sebagai pengubah nilai analog menjadi nilai digital yang dikonversikan oleh ADC yang telah terintegrasi pada arduino dan hasil sinyal yang tertangkap ditampilkan pada program Delphi7 yang ada pada laptop.

Article Details

How to Cite
Sandhya Hizrian Sabila, Puput Dani Prasetyo Adi, & M. Baidlowi. (2018). Rancang Bangun Radio Direction Finder Untuk Menentukan Arah Pancaran Antena Kesumber Frekuensi Radio. SinarFe7, 1(1), 135–140. Retrieved from https://journal.fortei7.org/index.php/sinarFe7/article/view/523
Section
Articles

References

. Sertu Yanto Gustiana,”Pembuatan Alat Radio Direction Finder (RDF) Secara Otomatis”, Tugas Akhir D3 di Lemjiantek Kodiklat TNI AD. Batu, 9 September 2005.

. Rustamaji dan Elan Djaelani,”Radar Jamming Suatu Konsep Rangcang Bangun”, Prosiding Seminar Radar Nasional 2011. Jakarta, 21 April 2011.

. Syaifa Mulyadi,”Deteksi Lokasi Petir Dengan Metoda Magnetic Direction Finder”, Tugas Akhir S2 di Universitas Andalas. Padang,

. Abdul Kadir,”Panduan Praktis Mempelajari Aplikasi Mikrokontroler dan Pemrogramannya menggunakan Arduino”, Penerbit Andi Yogyakarta. Oktober 2012.

. Baharuddin, Rhiza S. Sadjad dan Muhammad Tola,”Sistem Kendali Kecepatan Motor DC Berbasis PWM”, Tugas akhir S1 di Universitas Hasanuddin. Makasar, 20 Juni 2011.

. Dr. Ir. Saludin Muis, M.Kom,”Prinsip Kerja LCD dan Pembuatannya”, Penerbit Graha Ilmu Yogyakarta. Maret 2010.

. Sertu (K) Ni Nyoman Srikandi,”Sistem Pengolahan Data UKP (Usul Kenaikan Pangkat) Bintara/Tamtama Dijajaran Ditajenad Secara Online Berbasis Delphi7.0”, Tugas Akhir D3 di Lemjiantek Kodiklat TNI AD. Batu, Agustus 2008.