Rancang Bangun Robot Tempur Berbasis Arduino Atmega 2560 Pada Bagian Penggerak Elevasi Dan Azimut

Main Article Content

Bagus Tri Purna Putra
Firmansyah
Wahyu Prabowo

Abstract

Keterbatasan produk alat sistem senjata utama (alutsista) yang dimiliki Bangsa Indonesia bukanlah merupakan penghalang atau penghambat dalam menjaga ancaman dan gangguan keamanan serta keutuhan NKRI. Pada tulisan ini dipaparkan tentang bagaimana mengontrol sudut elevasi dan azimuth senjata dalam membidik sasaran tembak/target beroperasi secara otomatis. Tujuan alat ini agar pengontrolan pengarah sudut elevasi dan azimuth tersebut dilakukan melalui remote kontrol. Sedangkan otak sistem tersebut menggunakan Mikrokontroller Arduino 2560. Untuk pergerakan arah sudut elevasi dan azimuth digunakan motor DC. Untuk mensimulasikan senjata yang sebenarnya maka digunakanlah senjata model SS1. Rentang setpoint sudut untuk arah elevasi berada pada rentang 0° sampai 45° sedangkan sudut untuk arah azimuth memiliki rentang ke arah kanan dan kiri sebesar 0° sampai 360°. Hasil penelitian didapatkan alat dapat berjalan dengan baik namun pergerakan masih belum lembut maka nantinya dicoba dengan metode lain, yang hasilnya mungkin akan lebih baik.


 

Article Details

How to Cite
Bagus Tri Purna Putra, Firmansyah, & Wahyu Prabowo. (2018). Rancang Bangun Robot Tempur Berbasis Arduino Atmega 2560 Pada Bagian Penggerak Elevasi Dan Azimut. SinarFe7, 1(1), 141–145. Retrieved from https://journal.fortei7.org/index.php/sinarFe7/article/view/524
Section
Articles

References

. Danu Wisnu Wardhana. ( 2016 ) “Perancangan Sistem Kontrol PID Untuk Pengendali Sumbu Azimuth Turret Pada Turrer-Gun Kaliber 20mm” Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

. Lasmono Joko. ( 2016 ) “Optimasi Kerja Peluncur Roket Pada Robot Roda Rantai Untuk Menentukan Ketepatan Sudut Tembak”. Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik Universitas Merdeka Malang

. Muhammad Yazid Al Qahar. (2014) “Perancangan Robot Penembak Otomatis”. Meneliti tentang sistem penembak otomatis dengan menggunakan komputer sebagai pengendalinnya” Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

. Sisdarmanto Adinandra (2014) “Kendali Robot Pemonitoring Jarak Jauh Berbasis Smartphone Android” Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia.

. Syahrul dan Eko Nurfitriyanto Saputro, ( 2013 ) “Pengarah Elevasi dan Azimuth Laras Meriam Berbasis Android”.