RANCANG BANGUN SENSOR JARAK KETINGGIAN UNTUK PENERJUNAN MALAM HARI MENGGUNAKAN ARDUINO DENGAN PERINGATAN BUZZER

Main Article Content

Satrio Dharma Putra
Letkol Arh Desyderius Minggu
Anggraini Puspita Sari

Abstract

Sensor jarak atau Laser (Light Amplification by Stimulated Emission of Radiation) merupakan mekanisme suatu alat yang memancarkan radiasi elektromagnetik, biasanya dalam bentuk cahaya yang tidak dapat dilihat maupun dapat lihat dengan mata normal, melalui proses pancaran terstimulasi.


Penerjunan merupakan aktivitas yang melibatkan terjun dari sebuah pesawat terbang menggunakan parasut yang dapat dibentangkan. Mulai dari saat berada di udara hingga proses pada saat pendaratan pada permukaan bumi. Sering muncul dalam berita tentang banyaknya korban yang terjadi pada setiap personel yang melakukan kegiatan penerjunan. Dengan situasi yang sulit pendaratan pasukan dapat mengalami cedera atau bahkan dapat menimbulkan korban.


Dalam penelitian ini digunakan beberapa perangkat elektronik yang akan mendukung sistem ini untuk dapat bekerja dengan baik diantaranya yaitu Mikrokontroler Arduino uno 328 sebagai pengendali, sensor jarak/Laser Distance Meter untuk mengukur jarak berupa ketinggian, Liquid Crystal Display 16x4 sebagai tampilan hasil yang diukur oleh sensor, Buzzer dan lampu Light Emitting Diode untuk memberi peringatan kepada penerjun serta diperlukan pemahaman yang mendalam terhadap karakteristik dan komponen yang digunakan.

Article Details

How to Cite
Satrio Dharma Putra, Letkol Arh Desyderius Minggu, & Anggraini Puspita Sari. (2018). RANCANG BANGUN SENSOR JARAK KETINGGIAN UNTUK PENERJUNAN MALAM HARI MENGGUNAKAN ARDUINO DENGAN PERINGATAN BUZZER. SinarFe7, 1(1), 152–157. Retrieved from https://journal.fortei7.org/index.php/sinarFe7/article/view/527
Section
Articles

References

.Jumriadi, R. 2014. Rancang Bangun Alat Penentu Jarak Awal Pendaratan Penerjunan Pasukan Pada Malam Hari Dengan Menggunakan Sensor Ultrasonik. Skripsi tidak diterbitkan. Batu. Lemjiantek.

.Budiati R, Pauzi G.A & Warsito. 2016, Analisis Pengaruh Tekanan Pada Serat Optik Terhadap Sistem Transmisi Data Berbasis Mikrokontroller ATMega 328 Dengan Akuisisi Data Menggunakan Matlab, Universitas Lampung, Bandar Lampung.

.Supegina Fina, Wahyudi. “Rancang Bangun Sistem Alarm Dan Pintu Otomatis Dengan Sensor Gas Berbasis Arduino”. JurnalTeknologi Elektro, Universitas Mercu Buana Vol.4 No. 2 Mei 2013.

.Lestari, Inggit Dwi. 2017. Modifikasi Penggunaan Laser Distance Meter Untuk Mengukur Hasil Lompat Jauh dan Lompat Jangkit. Skripsi Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga Jurusan Kepelatihan Olahraga Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri, Yogyakarta.

.Soediatno, Supartono. 2011. Sistem Pendeteksi Ketinggian Muatan Roket Berbasis Mikrokontroler. Program Studi Jurusan Teknik Elektro, Universitas Kristen Maranatha, Bandung.