Rancang Bangun Robot Pendeteksi Ranjau Berbasis Arduino Uno

Main Article Content

Rudi Wilson
Dwi Arman Prasetya
Nur Rachman Supatmana Muda

Abstract

Pelarangan penggunaan ranjau dan cara kerja metal detector yang masih manual membuat personel Zeni sering mendapatkan kesulitan apalagi saat berhadapan pada medan yang luas dan kondisi daerah lapang ketika akan melaksanakan pencarian ranjau yang ditanam terkadang susah untuk ditemukan dan membutukan waktu yang sangat lama, diharapkan dengan adanya robot ini maka satuan Zeni dapat melakukan pencarian dan pendektisian ranjau yang di tanam dapat di lakukan dengan lebih cepat dan aman. Robot pendeteksi ranjau ini menggunakan bahasa pemrograman Arduino IDE (Integrated Development Environment). Dalam penelitian ini digunakan beberapa perangkat elektronik yang akan mendukung sistem ini bekerja diantaranya yaitu Arduino Uno, Metal Detektor sebagai sensor pendeteksi Ranjau yang mengandung logam perangkat tanpa kabel yang dapat melakukan komunikasi antara satu sama lainnya. Bluetooth adalah Perangkat ini beroperasi pada frekuensi bandwidth 2,4GHz merupakan jenis jaringan komunikasi yang bekerja dengan mengirimkan data digunakan sebagai komunikasi jarak jauh. Jika benda logam melewati metal detector, maka gelombang yang ada menjadi terganggu dan akan memberitahu kita bahwa ada benda bersifat logam yang lewat. Ukuran benda yang semakin besar makan akan lebih mudah terdeteksi daripada yang kecil. dari tanah atau pasir juga memberikan pengaruh dan Alat dapat mendeteksi ranjau yang ditanam pada kedalaman maksimum 17 Cm. Sistem kerja pengiriman data lokasi ranjau dengan GPS ketika metal detector mendeteksi adanya ranjau dengan menggunakan bluetooth data lokasi berupa koordinat dan alamat google map sehingga mendapatkan lokasi ranjau yang ditanam dengan jarak 10 meter.


 

Article Details

How to Cite
Rudi Wilson, Dwi Arman Prasetya, & Nur Rachman Supatmana Muda. (2018). Rancang Bangun Robot Pendeteksi Ranjau Berbasis Arduino Uno. SinarFe7, 1(1), 171–176. Retrieved from https://journal.fortei7.org/index.php/sinarFe7/article/view/530
Section
Articles

References

. Muhammad Ichwan, Milda Gustiana Husada, M. Iqbal Ar Rasyid “Pembangunan Prototipe Sistem Pengendalian Peralatan Listrik Pada Platform Android " Jurusan Teknik Informatika Institut Teknologi Nasional Bandung, No.1 , Vol. 4, Januari – April 2013 Issn: 2087‐5266.

. Muhammad Heikal Daudy, “Tanggung Jawab Negara Terhadap Pelarangan Menyeluruh Ranjau

Anti-Personel Di Indonesia Dalam Konflik Bersenjata Di Aceh,” Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Aceh, No. 60, Th. Xv (Agustus, 2013), Pp. 249-266.

. Andi Adriansyah1,Oka Hidyatama, “Rancang Bangun Prototipe Elevator Menggunakan Microcontroller Arduino Atmega 328P,” Rogram Studi Teknik Elektro, Fakultas Teknik Universitas Mercu Buana, Jakarta, Indonesia, Vol.4 No.3 September 2013, ISSN : 2086‐9479.

. Anisah, Masayu, Ahmad Taqwa, Amperawan, Evelina,dan Sabilal Rasyad ,”Modem Application As Car Position And Fuel Monitoring System, Department of Electrical Engineering, Polytechnic”, 2015 of Sriwijaya, Palembang, Indonesia.

. Darma, Guruh Adi, “Rancang Bangun Prototipe Alat Pelacakan Motor Dengan Sistem Peringatan Dini Menggunakan Mikrokontroler Arduino”, 2017, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

. Fitrianto, Idil, Achmad Arifin, dan Mohammad Nuh “Rancangan Kontroler Perangkat Keras EH1 Milano dengan Modul Wireless Electronics”, 2015, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

. Hanafi, “Aplikasi Pemantauan Keberadaan Lokasi Dan Kecepatan Pada Kendaraan Dengan Menggunakan Teknologi Mobile Data Dan Gps Dengan Digitalisasi Peta”, 2015, Jurusan Teknik Informatika Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Dan Komputer

. Siswadi, Kresna Tri Jayanto, “Rancang Bangun Prototipe Robot Pendeteksi Logam”, 2017, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

. Sijianbangdik Pusdikzi Kodiklat TNI AD, ” Rangkuman Hanjar Dikmaba TNI AD Tahap II Cabzi TA.2012”, 2012, Pusat Pendidikan Zeni Kodiklat TNI AD.