Rancang Bangun Radio Directon Finder (RDF) Untuk Menentukan Koordinat Musuh Melalui Frekuensi Radio

Main Article Content

1I Putu Eka Yulianto,
Puput Dani Prastyo Adi
Eko Kuncuro

Abstract

Radio     Direction     Finder (RDF) adalah pesawat radio pencari arah yang dioperasikan melalui penerimaan gelombang elektromagnetik oleh pemancar yang dipancarkan oleh stasiun pemancar. Antena pesawat Radio Direction Finder (RDF) akan menerima gelombang elektromagnetik yang dipancarkan oleh stasion pemancar.


Penelitian ini difokuskan untuk mewujudkan sebuah radio pencari arah yang dapat menangkap frkuensi pancaran musuh yang di tampilkan pada laptop dengan tepat dan cepat dengan parameter delay dan error.Dengan penggunaan telemetri dan Sdr dapat mempermudah ,telemetri sebagai transmisi dari pemancar station 2 yang diolah pada station 1 yang di tampilkan pada laptop dan sdr mempermudah untuk menemukan frekuensi terkuat.Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menggunakan parameter delay dan error untuk menampilkan dan menentukan koordinat musuh dengan menggunakan 2 buah station pada frekuensi 87 – 108 MHz telah berjalan sesuai dengan yang diharapkan , dimana hasil tangkapan frekuensi station 1 dan 2 berjalan sesuai harapan yang diolah pada laptop dan ditampilkan pada program delpi.

Article Details

How to Cite
1I Putu Eka Yulianto, Puput Dani Prastyo Adi, & Eko Kuncuro. (2018). Rancang Bangun Radio Directon Finder (RDF) Untuk Menentukan Koordinat Musuh Melalui Frekuensi Radio. SinarFe7, 1(1), 177–182. Retrieved from https://journal.fortei7.org/index.php/sinarFe7/article/view/531
Section
Articles

References

. Letda Chb Yanto Gustiana,” PEMBUATAN ALAT RADIO DIRECTION FINDER (RDF) SECARA OTOMATIS”, 9 September 2005.

. Elan Djaelani,” PEMBUATAN MODUL RECEIVER UNTUK SISTEM PERANGKAT PEMANCAR JAMMING”.Prosiding Seminar Radar Nasional 2009.Bandung ,30 April 2009..

. Syaifa Mulyadi,’’DETEKSI LOKASI PETIR DENGAN METODA MAGNETIK DIRECTION FINDER’’.Tugas Akhir S2 di Universitas Andalas.Padang, 2 September 2014.a

ember 2014.