Rancang Bangun Alat Pendeteksi Detak Jantung, Suhu Tubuh, dan Tensimeter Berbasis Arduino Uno serta Smartphone Android

Main Article Content

Yovi Afriansyah
Rahman Arifuddin
Yusuf Novrianto

Abstract

 Menjaga kesehatan merupakan hal yang sangat penting bagi kehidupan. Kesehatan tubuh perlu diperhatikan bagi semua orang, terutama adalah kesehatan jantung. Jantung merupakan salah satu organ penting yang dimiliki oleh manusia yang berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh dan menampungnya kembali setelah dibersihkan organ paru-paru. Detak jantung beats per menit (bpm) ini merupakan parameter untuk menunjukkan kondisi jantung, dan cara untuk mengetahui kondisi jantung adalah dengan mengetahui frekuensi detak jantung. Selain jantung, yang harus diperhatikan adalah suhu tubuh. Perubahan suhu tubuh sangat erat kaitannya dengan produksi panas yang berlebihan, produksi panas maksimal maupun pengeluaran panas yang berlebihan. Perbandingan sensor suhu dengan alat sebenarnya Selisih rata- rata antara sensor suhu DS18B20 dengan thermometer digital sebesar 0,470C pengukuran pada ketiak.


 

Article Details

How to Cite
Yovi Afriansyah, Rahman Arifuddin, & Yusuf Novrianto. (2018). Rancang Bangun Alat Pendeteksi Detak Jantung, Suhu Tubuh, dan Tensimeter Berbasis Arduino Uno serta Smartphone Android. SinarFe7, 1(1), 183–188. Retrieved from https://journal.fortei7.org/index.php/sinarFe7/article/view/532
Section
Articles

References

. Oeswari E. 1989 Bedah dan Perawatannya, Jakarta :

Kesmil

. Soetono R.2014 Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan,

Bandung : Rajabasa

. Boediono Ari. 2012 Departemen Administrasi Kesehatan Militer, Jakarta Timur : Pusdikkes Kodiklatad

. Haryadi, E. (2012). Beberapa Penyakit yang Berkaitan dengan Perubahan Suhu Tubuh

. Heruryanto, Hamdan. (2014). Sistem Pengukuran Detak Jantung Berbasis Mikrokontroller Atmage8535. Makassar : Tugas Akhir, Universitas Hasanuddin.

. Zennifa, Fadilla. (2013). Prototipe Alat Deteksi Dini dan Mandiri Penyakit Jantung Menggunakan Sistem Pakar VCSIR, Arduino dan Handphone Android. Universitas Andalas.