Rancang Bangun Voice Over Internet Protocol Radio Prc Pada Jaringan Radio Over Internet Protocol

Main Article Content

Ariston
Bangkit Sesar
Ari Saputra

Abstract

Seiring perkembangan dunia teknologi dan informasi serta komunikasi yang semakin cepat perkembangannya, sangat mempengaruhi dan mempunyai arti penting terhadap kehidupan manusia..Hal ini sangat terlihat dengan adanya kemajuan yang sudah mendorong manusia untuk mampu berusaha mengatasi berbagai permasalahan yang timbul, terutama dalam bidang teknologi komunikasi. TNI AD sangat membutuhkan sarana komunikasi yang canggih untuk mendukung tugas dan tanggung jawabnya dalam menjaga keutuhan NKRI. Dalam melaksanakan tugas tersebut tentu saja banyak sekali masalah yang dihadapi dilapangan khusunya dalam bidang perhubungan. Pada saat ini perhubungan Angkatan Darat mengandalkan pemasangan reapeter di tempat tempat yang relatih tinggi guna mendukung kelancaran dalam berkomunikasi, serta penggunaan radio yang harus menggelar antena terlebih dahulu supaya bisa digunakan. Dalam pembuatan tugas akhir ini bertujuan untuk mempermudah Sistem komunikasi di lingkungan TNI khususnya di Angkatan Darat Pada saat melaksanakan tugas operasi militir perang maupun operasi militer selain perang. Dalam pembuatan tugas akhir ini, penulis menggunakan dua metode yaitu Deduktif, proses pengamatan secara studi kepustakaan atau literatur untuk mendapatkan data yang kualitatif. Induktif, Menggunakan proses pengamatan secara eksperimen untuk mengambil data kuantitatif dengan melakukan percobaan dan aplikasi secara langsung      ke       lapangan       selanjutnya. Setelah melakukan uji coba alat dalam pelaksanaan nya di lapangan sangat banyak membantu TNI dalam melaksanakan tugas karena dengan adanya jaringan internet para prajurit dapat melakkukan


komunikasi tanpa harus memasang repeter terlebih dahulu.

Article Details

How to Cite
Ariston, Bangkit Sesar, & Ari Saputra. (2018). Rancang Bangun Voice Over Internet Protocol Radio Prc Pada Jaringan Radio Over Internet Protocol. SinarFe7, 1(1), 202–207. Retrieved from https://journal.fortei7.org/index.php/sinarFe7/article/view/535
Section
Articles

References

. Rudiansyah, Herlawati dan Eka Puspita Sari (2013) ”Perancangan Voice Over Internet Protocol (VoIP) menggunakan Virtual Privat Network (VPN) yang dalam keamanannya hanya menggunakan VPN”.

. Domiko fahdi jaya patih (2012)”Analisa perancangan server VoIP (voice over internet protocol) dengan opensource asterisk dan Vpn (virtual private network) sebagai pengaman jaringan antar client”.

. Domiko fahdi jaya patih (2012),”Analisa perancangan server VoIP (voice over internet protocol) dengan opensource asterisk dan Vpn (virtual private network) sebagai pengaman jaringan antar client”.Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik universitas lampung.

. Sersan Dua Iwan Sarwono (2007) ” Mengaplikasikan sistem komunikasi VoIP di jajaran TNI AD ”. Lembaga Pengkajian Teknologi Kodiklat TNI AD.

. Dede Sopandi,(2006),”Instalasi dan konfigurasi jaringan komputer edisi revisi, informatika”.

. Ekkal Prasetyo (2006) ”Implementasi VoIP (voice over internet protokol) pada jaringan LAN (local area network) dinas kesehatan kabupaten musi banyuasin. Program studi Teknik Informatika Politeknik Sekayu.