Rancang Bangun Penegang Baji Tutup Meriam 57mm/S-60 Berbasis Arduino Uno Dan Sensor Proximity

Main Article Content

Bangun Bonardo Sirait
Nachrowie
Suprayogi

Abstract

Rancang bangun penegang baji tutup meriam 57mm/S-60 berbasis arduino uno dan sensor proximity ini bertujuan menegangkan baji tutup meriam 57mm/S-60 sehingga dapat dilaksanakan pemeliharaan pada bagian baji tutup, dan pembuatan alat ini bertujuan untuk mengurangi kecelakaan kerja awak meriam dan meminimalisir waktu yang dibutuhkan dalam. Dengan demikian alat ini menggunakan sensor Proximity yaitu pendeteksi logam yang jarak deteksinya sangat dekat yang dihubungkan ke Arduino Uno yang berfungsi sebagai pengontrol motor DC sehingga motor DC dapat menggerakkan baji tutup meriam dan sensor Proximity sebagai penghitung putaran motor DC sehingga tidak terjadi kesalahan putaran pada motor DC, hasil putaran akan ditampilkan oleh LCD 16x2, sehingga dapat mengurangi kecelakaan pada awak meriam dan meningkatkan keamaan bagi awak meriam dan mempersingkat waktu dalam melaksanakan pemeliharaan meriam dalam pertempuran, sehingga dapat memenangkan pertempuran.

Article Details

How to Cite
Bangun Bonardo Sirait, Nachrowie, & Suprayogi. (2018). Rancang Bangun Penegang Baji Tutup Meriam 57mm/S-60 Berbasis Arduino Uno Dan Sensor Proximity. SinarFe7, 1(1). Retrieved from https://journal.fortei7.org/index.php/sinarFe7/article/view/536
Section
Articles

References

. Baharuddin, R. S. Sadjad, and M. Tola, “Sistem Kendali Kecepatan Motor Dc Berbasis Pwm ( Pulse Width Modulation ) Dc Motor Speed Control System Based Pwm ( Pulse Width Modulation ) Jurusan Sistem Komputer , Sekolah

Tinggi Informatika Dan Komputer Alamat Korespondensi : Baharuddin , S . T Jurusan.”2015.

. P. H. Sastro, Purwanto, and Retnowati, “Sistem Pengaturan Kecepatan Putaran Motor Pada Mesin Pemutar Gerabah Menggunakan Kontroler Proporsional Integral Deferensial (Pid) Berbasis Mikrokontroler,” pp. 64–85.2013.

. U. Pembelajaran and G. Lurus, “Perancangan instrumentasi pengukur waktu dan kecepatan mengunakan dt-sense infrared proximity detector untuk pembelajaran gerak lurus beraturan 1),” vol. 4, no. 1, 2014.

. Kadir, Abdul. 2014. From Zero To a Pro Arduino.

Yogyakarta: Penerbit Andi.

. Arhanud, “Buku Himpunan Bahan Ajaran Dikmaba PK THP II ARHANUD.”,2014.

. A. . Fallis, “Analisa Penalaan Kontrol PID pada Simulasi Kendali Kecepatan Putaran Motor DC Berbeban menggunakan Metode Heuristik,” Elkomika, vol. 1, no. 2, pp. 1689–1699, 2013.

. Arhanud,"Pal Meriam 57 mm/T.AKT."2014.

. Arhanud,”M. S.-T. Akt and I. I. S. Awak, “Meriam 57mm s-60/t.akt.”2014.