Perancangan Deteksi Arah Musuh dalam Latihan Serangan guna Membantu Pengambilan Keputusan Menggunakan Regresi Linier

Main Article Content

Jaka Subagja
Anggraini Puspita Sari
Gatot Yulisianto

Abstract

alam pertempuran diperlukan adanya proses pengumpulan informasi dan keterangan (Bapulket) sebelum melaksanakan pertempuran, dimana informasi yang dikumpulkan diantaranya berupa keadaan dan posisi musuh. Sampai saat ini di lingkungan TNI–AD untuk pengumpulan informasi pertempuran masih membawa peralatan yang terbilang banyak dan perlu adanya penghitungan manual.


Penelitian ini difokuskan untuk mewujudkan sebuah DSS (Decission Support System) atau sistem pengambil keputusan bagi komando atas dalam menentukan pola serangan. Dengan informasi yang akurat BMS (Battlefiled Management System) bisa berjalan dengan kemenangan sebagai tujuan utamanya.


Hasil penelitian menunjukan bahwa DSS (Decission Support System) dengan menggunakan Raspberry Pi-3 untuk pengumpulan informasi dan keterangan telah berjalan sesuai dengan yang diharapkan, dimana informasi yang diberikan berupa arah yang dihasilkan oleh kompas dan pengambilan gambar oleh kamera

Article Details

How to Cite
Jaka Subagja, Anggraini Puspita Sari, & Gatot Yulisianto. (2018). Perancangan Deteksi Arah Musuh dalam Latihan Serangan guna Membantu Pengambilan Keputusan Menggunakan Regresi Linier. SinarFe7, 1(1), 282–287. Retrieved from https://journal.fortei7.org/index.php/sinarFe7/article/view/547
Section
Articles

References

.Anonimus. (2014). Managerial Decision Making and Decision Support System.

. Anwar, H. (Vol. 8, Nomor1, April 2014). Jurnal Pendidikan Islam. Proses Pengambilan Keputusan untuk Mengembangkan Mutu Madrasah, ISSN 1979-1739.

. Fraticasari, S. Y., Ratnawati, D. E., & Wihandika, R. C. (2018). Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer. Optimasi Pemodelan Regresi Linier Berganda Pada Prediksi Jumlah Kecelakaan Sepeda Motor Dengan Algoritme Genetika, 1932-1939.

. Habibie, A. G. (2013). Perancangan dan Analisis Otomasi Sistem Kendali Quadcopter Melalui Koordinat dengan GPS. IT Telkom.

. Irwan, M. (2015). MSA Vol. 3 No. 2. Least Square and Ridge Regression Estimation, 7-13.