Rancang Bangun Emergency Shutoff Valve High Pressure Tabung CNG Kendali Jarak Jauh

Main Article Content

Sabilur Rosyad
Jamaaluddin Jamaaluddin

Abstract

Compressed Natural Gas (CNG) adalah jenis bahan bakar alternatif pengganti Bahan Bakar Minyak dan LPG. Dimana CNG tersebut temasuk bahan bakar yang sangat mudah terbakar dan bertekanan tinggi hingga 250 Bar dan diangkut menggunakan truk khusus yang dipasang tabung gas CNG. Pada saat ini antisipasi terhadap kecelakaan kerja pada saat proses Unloading CNG masih minim ketika ada kebocoran, khususnya pada truck pengangkut CNG itu sendiri. ketika terjadi kebocoran atau lepasnya selang penghubung (Hose Transfer) dari truk ke Pressure Reducing System (PRS), gas tersebut akan keluar serta menimbulkan suara kencang. jika aliran gas yang bocor atau lepasnya selang penghubung tidak segera dihentikan bisa membahayakan keselamatan manusia bahkan menyebabkan kebakaran. Saat ini upaya untuk menghentikan kebocoran karena lepasnya selang penghubung perlu waktu lama dengan cara menutup manual ballvalve menggunakan tangan. Hal ini beresiko bagi keselamatan manusia. Sehingga dibutuhkan Shutoff valve otomatis yang dilengkapi Mikrokontroler Arduino, Bluetooth HC-05, Sensor Gas MQ-4, Selenoid dan terintregasi dengan rangkaian tabung truck serta bisa ditutup dari jarak jauh melalui smartphone untuk menghentikan aliran gas pada selang penghubung yang lepas atau bocor..

Article Details

How to Cite
Sabilur Rosyad, & Jamaaluddin Jamaaluddin. (2018). Rancang Bangun Emergency Shutoff Valve High Pressure Tabung CNG Kendali Jarak Jauh. SinarFe7, 1(1), 297–302. Retrieved from https://journal.fortei7.org/index.php/sinarFe7/article/view/550
Section
Articles

References

. Wikipedia.org, “Gas alam terkompresi,” https://id.wikipedia.org/wiki/Gas_alam_terkompr esi. pp. 1–2, 2018.

. Jamaaluddin;Imam Robandi, “Short Term Load Forecasting of Eid Al Fitr Holiday By Using Interval Type – 2 Fuzzy Inference System ( Case Study : Electrical System of Java Bali in Indonesia ),” in 2016 IEEE Region 10, TENSYMP, 2016, vol. 0, no. x, pp. 237–242.

. Tribunnews.com, “Pabrik Brownies Amanda Terbakar,”

. http://jabar.tribunnews.com/2014/04/19/pabrik- brownies-amanda-terbakar, Bandung - Jawa Barat, pp. 1–2, 2014.

arduino.cc, “Arduino Uno Rev3,” https://store.arduino.cc/usa/arduino-uno-rev3, 2018. .

. Stastics_basic, “Standard Deviation and Variance Standard Deviation and Variance,”