RANCANG BANGUN DECISION SUPPORT SYSTEM (DSS) DALAM OPERASI TEMPUR BERBASIS RASPBERRY Pi-3 (PENGKONVERSIAN KOORDINAT PETA)

Main Article Content

Alfadien Alif Utama
Abd. Rabi
Yusuf Novrianto

Abstract

Bagi militer, sebuah sistem yang dapat menawarkan dukungan keputusan dalam proses komando dan kontrol sangatlah dibutuhkan dalam pertempuran, alat yang dapat memberi ruang untuk menjalankan perintah dan kemampuan pengendaliannya selalu menjadi tujuan akhir. Ini bukan hanya karena kompleksitas masalah yang dihadapi saat pertempuran tetapi juga karena kesulitan mendapatkan bantuan dari pengetahuan sebelumnya dan memperluas pengetahuan sebelumnya untuk memecahkan masalah baru. Makalah ini bermaksud menyajikan sebuah arsitektur yang menggabungkan penalaran berbasis kasus dan decision support system (DSS) sebagai alat bagi militer untuk mensimulasikan dan untuk melatih Prosedur Operasi Standar Militer (SOP) dalam proses pengambilan keputusan dan kontrol.


Penelitian ini difokuskan untuk mewujudkan sebuah alat pengkonversi koordinat peta berbasis Raspberry Pi-3 dan bahasa pemrograman Phyton. Dengan meggunakan alat ini diharapkan pasukan militer dapat menentukan koordinat lawan atau kawan secara tepat dan cepat.

Article Details

How to Cite
Alfadien Alif Utama, Abd. Rabi, & Yusuf Novrianto. (2018). RANCANG BANGUN DECISION SUPPORT SYSTEM (DSS) DALAM OPERASI TEMPUR BERBASIS RASPBERRY Pi-3 (PENGKONVERSIAN KOORDINAT PETA). SinarFe7, 1(1), 307–314. Retrieved from https://journal.fortei7.org/index.php/sinarFe7/article/view/552
Section
Articles

References

. Andrew, McAfee and Erik, Bryjolfsson. (2012). Big Data: The Management Revolution. Harvard Business Review

. Jogiyanto, H.M. (2013). Sistem Teknologi Informasi Pendekatan Terintegrasi Konsep Dasar, Teknologi, Aplikasi, Pengembangan dan Pengelolaan Edisi ke-1. Andi Offset. Yogyakarta.

. Julander, Claes-Robert. (2012). Basket Analysis:

A New Way of Analysing Scanner Data. International Journal of Retail & Distribution Management, Vol. 9 No. 3 Nov/Dec 2012: 10.

. Kadir, Abdul. (2013). Pengenalan Sistem Informasi Edisi 1. Andi Offset. Yogyakarta.

. Marimin. (2014). Teknik dan Aplikasi Pengambilan Keputusan Kriteria Majemuk. Gramedia Widiasarana Indonesia. Jakarta .

.Raspberry Pi Foundation, “Raspberry Pi 3 Model

B,” Datasheet, 2016.

. S. H. Chan, Q. Song, S. Sarker, and R. D. Plumlee, “Decision support system (DSS) use and decision performance: DSS motivation and its antecedents,” Inf. Manag., vol. 54, no. 7, pp. 934–947, 2017.

. “Chapter One: Defence and military analysis,” Mil. Balanc., vol. 117, no. 1, pp. 7–18, 2017.