RANCANG BANGUN GRAPHICAL USER INTERFACE PERGERAKAN MOTOR DC PADA UNIVERSAL SERIAL BUS MIKROSKOP DIGITAL

Main Article Content

Endi Permata
Rocky Alfanz
Zaenal Fatah

Abstract

Penelitian ini menjelaskan suatu perangkat sistem untuk mendiagnostik malaria dengan mudah, sehingga diharapkan dengan pengaplikasian sistem diagnostik malaria dengan mikroskop tersebut dapat menurunkan tingkat penyakit malaria di dunia terutama Indonesia. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu USB Mikroskop Digital dapat memposisikan sel darah tipis malaria dengan tambahan lensa okuler pembesaran 1:100x sehingga dapat menganalisa fase malaria. Kecepatan motor DC dipengaruhi oleh dua faktor yaitu tegangan masukan dari adaptor AC–DC dan pengaturan PWM (Pulse Width Modulation). Untuk kecepatan range tegangan yang aman 7,5 V sampai dengan angka maksimal 12,5 V dan hasil akhir pada tegangan maksimal yang digunakan adalah 12,5 V. Sedangkan untuk pengaturan PWM yang digunakan yaitu 255 PWM. USB Mikroskop Digital memiliki arah pergerakan yaitu pada motor bagian kiri dan kanan bergerak ke arah Kanan – Kiri – Maju – Mundur. Sedangkan pada motor bagian tengah bergerak ke arah Atas dan Bawah.

Article Details

How to Cite
Endi Permata, Rocky Alfanz, & Zaenal Fatah. (2018). RANCANG BANGUN GRAPHICAL USER INTERFACE PERGERAKAN MOTOR DC PADA UNIVERSAL SERIAL BUS MIKROSKOP DIGITAL. SinarFe7, 1(1), 323–327. Retrieved from https://journal.fortei7.org/index.php/sinarFe7/article/view/554
Section
Articles

References

. Wijaya Kusuma, A.A. Wiradewi Lestari, Sianny Herawati, I Wayan Putu Sutirta Yasa. Pemeriksaan Mikroskop Dan Tes Diagnostik Cepat Dalam Menegakkan Diagnosis Malaria.Jurnal Ekologi Kesehatan.2011.

. Yon Rijono, Dasar Teknik Tenaga Listrik, (Yogyakarta

:Andi, 1997),.

.Fitzgerald, A.E. and Team, “Mesin-mesin Listrik”., (Jakarta, Erlangga, 1997).

. Berahim, Hamzah, “Pengantar Teknik Tenaga Listrik”., (Yogyakarta, Andi Offset, 1991).

. Kadir, Abdul. 2013. “Panduan Praktis Mempelajari Aplikasi Mikrokontroler dan Pemrogramannya Menggunakan Arduino”. Yogyakarta, Andi.

. Arduino. Tersedia pada https://www.arduino.cc/en/Guide/Environment [diakses pada tanggal 16/12/2015].

. Dasar, Elektronika. Tersedia pada http://www.elektronika- dasar.web.id/driver-motor-dc-l293d/ [diakses pada tanggal 12/11/2015].

. Elektro Control Team, “Driver Motor DC Menggunakan IC L293D”. www.electrocontrol.wordpress.com [diakses pada tanggal 12/11/2015].

. Sri Hartati, Agus Harjoko, Tri Wahyu Supardi. The Digital Microscope And Its Image Processing Utility. Department of Computer Sc ience and Electronics Universitas Gajah Mada.

.Inti Prana, Duta. Sistem Antarmuka Pada Mikroskop Refleksi Digital Berbasis Arduino UNO. Jurusan Teknik Elektro Universitas Politeknik Negeri Sriwijaya.

. Triyono, Andi Pujo. Modifikasi Mikroskop Dengan Sistem Kamera dan Pengolahan Gambar Sampel. Semarang. 2006.

. R. Prayogo, Pengaturan PWM, Universitas Brawijaya, Malang, 2012.

. Baharuddin, Rhiza S.Sadjad, Muhammad Tola. Sistem Kendali Kecepatan Motor DC Berbasis PWM (Pulse Width Modulation). Jurusan Teknik Elektro Universitas Hasanuddin.

. Rashid, M.H., 1993, “Power Electronics: Circuit, Devices, and Application”, Prentice Hall International, INC., Englewood Cliffs, New Jerse