Fuzzy Efisiensi Penerangan dengan Rangkaian Joule Thief saat Listrik Padam

Main Article Content

Ilham Yusuf Akbar
Jamaaluddin

Abstract

Joule thief sebuah rangkaian pencuri energi yang mampu melipatgandakan dan menaikkan tegangan, untuk memberikan peneranga dirumah maupun ditempat lain di saat listrik padam hanya dengan memanfaatkan baterai bekas untuk menghidupkan beberapa led sekaligus yang bisa dirancang sebagai penerangan darurat saat listrik padam. Dengan menggunakan metode fuzzy logic segala hal yang tidak pasti akan menjadi sebuah kepastian terutama dalam hal joule thief ini. kecanggihan tool dan software simulasi memungkinkan untuk bisa memberikan kesempurnaan dalam pembuatan lampu joule thief dengan efisien, tahan lama dan cerah. Melalui software yang bernama MATLAB hal tersebut dapat tercapai. Memberikan parameter, rules dan logika yang sesuai dengan data Analisa yang dibuat akan menghasilkan kesempurnaan dalam hasil Analisa. Dengan joule theif dapat dijadikan sebagai energi terbarukan dan ramah lingkungan terutama jika dikembangkan lagi peda prose tingakt selanjutnya.


 

Article Details

How to Cite
Ilham Yusuf Akbar, & Jamaaluddin. (2018). Fuzzy Efisiensi Penerangan dengan Rangkaian Joule Thief saat Listrik Padam. SinarFe7, 1(1), 328–333. Retrieved from https://journal.fortei7.org/index.php/sinarFe7/article/view/555
Section
Articles

References

. S. R. Anwar Mujadin, “Joule Thief Sebagai Boost Converter Daya LED Menggunakan Sel Volta Berbasis Air Laut,” 2017.

. G. Achmad Yani, “Rancang Bangun Perangkat Catu Daya Mandiri pada Laptop dengan Memanfaatkan Port USB dan Rangkaian Joule Thief,” Politeknik Negeri Medan, 2017.

. M. N. Aditya Prayoga, Benson Marnatha S, Edison Marulitua S, “transformerpaper.” FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS INDONESIA, DEPOK, 2010.