Perancangan dan analisa sistem transmisi dengan Power 150 KVA disimulasikan pada software etap 16.0.0

Main Article Content

AGUS KISWANTONO
WAHYU HIDAYAT

Abstract

Kebutuhan tenaga listrik di Indonesia terus meningkat sesuai dengan laju pertumbuhan ekonomi dan industri serta pertambahan penduduk. Sistem kelistrikan antar pusat-pusat pembangkit dan pusat-pusat beban pada umumnya terpisah dalam ratusan bahkan ribuan kilometer. Saluran- saluran transmisi membawa tenaga listrik dari pusat-pusat pembangkitan ke pusat-pusat beban melalui saluran tegangan tinggi 150 kV atau melalui saluran transmisi tegangan ekstra tinggi 500 kV. Trafo penurunan akan merendahkan tegangan ini menjadi tegangan subtransmisi 60 kV yang kemudian di gardu induk diturunkan lagi menjadi tegangan distribusi primer 20 kV. Pada gardu induk distribusi yang tersebar di pusat-pusat beban tegangan diubah oleh trafo distribusi menjadi tegangan rendah 220/380 V.

Article Details

How to Cite
AGUS KISWANTONO, & WAHYU HIDAYAT. (2021). Perancangan dan analisa sistem transmisi dengan Power 150 KVA disimulasikan pada software etap 16.0.0. SinarFe7, 4(1), 384–387. Retrieved from https://journal.fortei7.org/index.php/sinarFe7/article/view/73
Section
Articles

References

Jaelani,Z. (2013). “Analisis Saluran Transmisi” Tesis. Universitas Pendidikan Indonesia.

Pramono, Joko. (2010). “Makalah Teknik Tenaga Listrik, Transmission of Electrical Energy (Transmisi Tenaga Listrik)”. Departemen Teknik Elektro, Fakultas Teknik Universitas Indonesia, Depok.

Susilo,U., Sukmadi,T., & Handoko,S. (2011). “Analisis pada Saluran Transmisi Udara”. Tesis. Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik. Universitas Diponegoro.