Rancang Bangun Pendeteksi Detak Jantung dan Pengukur Suhu Tubuh Menggunakan Pulsesensor dan Sensor DS18B20

Main Article Content

M. Luthfi Arif Budiono

Abstract

Medical check up merupakan tahap pemeriksaan sebelum mendiagnosa pasien yang dilakukan di rumah sakit, salah satunya adalah detak jantung pasien serta pengukuran suhu tubuh. Hal ini karena kerja jantung akan mempengaruhi organ-organ lain yang ada dalam tubuh manusia dan suhu tubuh yang banyak tidak diketahui pasien sebagai gejala awal adanya penyakit. Penelitian ini bertujuan untuk membangun alat yang dapat mengukur jumlah detak jantung dengan mendeteksi frekuensi menggunakan Pulsesensor yang mendeteksi aliran darah pada ujung jari secara otomatis yang diolah secara elektronik menggunakan mikrokontroler diharapkan dapat memberi kemudahan bagi kalangan medis. Penyusun rangkaian alat antara lain pada blok input menggunakan Pulse Sensor untuk sensor detak jantung dan menggunakan Sensor DS18B20 untuk sensor pengukur suhu, blok kontrol atau pemroses menggunakan Mikrokontroler AT-Mega 328, dan pada blok Output menggunakan LCD 16x2. Berdasarkan hasil pengujian alat didapatkan nilai rata-rata presentase kesalahan sebesar 0,69 persen untuk pengukuran suhu dan didapatkan nilai rata-rata presentase kesalahan sebesar 2,89 persen untuk pengukuran detak jantung per menit (BPM).

Article Details

How to Cite
M. Luthfi Arif Budiono. (2021). Rancang Bangun Pendeteksi Detak Jantung dan Pengukur Suhu Tubuh Menggunakan Pulsesensor dan Sensor DS18B20. SinarFe7, 4(1), 481–485. Retrieved from https://journal.fortei7.org/index.php/sinarFe7/article/view/75
Section
Articles

References

V. DAFTAR PUSTAKA

Galuh W. dan Arkhan S., “Alat Pengukur Detak Jantung Menggunakan Pulsesensor Berbasis Arduno Uno R3 yang Diintegrasikan dengan Bluetooth”, 2013, pp. 66-71.

Wahyu K. dan Sendy F., “Alat Pengukur Jumlah Detak Jantung Berdasar Aliran Darah Ujung Jari”, di Seminar Ilmiah Nasional Komputer dan Sistem Intelijen (KOMMIT), 2014, pp. 425-431

Machriz, E., Sony., dan Achmad R., “Perancangan Perangkat Monitoring Denyut Jantung (Heart-Beat Monitoring) dengan Visualisasi LCD Grafik Berbasis ATMEL AT89C51”, 2008.

Annisa, M. Sultan, Agung W., “Hearbeast Detector (Pendeteksi dan Pengukur Detak Jantung), 2018, pp. 31-45.

Pandu I., Arif J., dan Wakhyu., “Alat Pengukur Suhu Badan dan Detak Jantung Portable”, 2019, pp 25-30.