Deteksi Penyakit Paru – Paru Berdasarkan Suhu Tubuh Dan Warna Kuku Berbasis Sensor LM35 Dan TCS3200

Main Article Content

Rofik Romansyah

Abstract

Kesehatan merupakan hal terpenting bagi manusia. Namun, sebagian besar masyarakat seringkali menyepelekan penyakit batuk yang dapat menjadi suatu gejala dari penyakit paru-paru. Beberapa kondisi batuk merupakan gejala dari penyakit paru-paru yang harus segera mendapatkan penanganan dari dokter. Paru-paru manusia adalah organ yang rentan terkena penyakit karena bersinggungan langsung dengan udara yang terhirup melalui hidung. Ilmu pengobatan paru-paru yang ada saat ini yaitu menggunakan CT-Scan dan tes dahak yang dicek secara manual oleh ahli dahak. Dari permasalahan tersebut, diperlukan adanya penelitian yang terkait dengan sistem otomatisasi untuk pendeteksi tingkat keparahan penyakit paru-paru dari pasien, sehingga ketika seorang pasien datang untuk memeriksakan paru-paru mereka, hasilnya dapat segera diketahui. Pada penelitian ini parameter yang digunakan untuk melakukan perbandingan tingkatan kelas penyakit paru-paru adalah warna kuku dan suhu tubuh dari pasien. Berdasarkan beberapa pengujian yang dilakukan pada sistem dihasilkan error pembacaan sensor warna TCS3200 sebesar 1,478%, dan error pembacaan sensor suhu LM35 terhadap alat ukur termometer sebesar 1,13%.

Article Details

How to Cite
Rofik Romansyah. (2021). Deteksi Penyakit Paru – Paru Berdasarkan Suhu Tubuh Dan Warna Kuku Berbasis Sensor LM35 Dan TCS3200 . SinarFe7, 4(1), 185–187. Retrieved from https://journal.fortei7.org/index.php/sinarFe7/article/view/83
Section
Articles

References

K. Karimah, Z. I. Nikmah, S. K. Aditya, and E. G. Wahyuni, “Aplikasi Web Untuk Pendeteksi Penyakit Paru–Paru Menggunakan Metode Certainty Factor,” Semin. Nas. Inform. Medis, pp. 86–91, 2019.

D. Kurniawan, “Rancang Bangun Alat Deteksi Suara Paru-Paru Untuk Menganalisa Kelainan Paru-Paru Berbasis Android,” Elinvo (Electronics, Informatics, Vocat. Educ., vol. 2, no. 2, pp. 156–168, 2017, doi: 10.21831/elinvo.v2i2.1730

G. Maria, J. Muninggar, and M. R. S. S. N. A, “Analisis Kapasitas Paru dan Aliran Udara Pernafasan Manusia yang Mempunyai Kebiasaan Merokok dan Tidak Merokok,” Pros. Semin. Nas. Fis. dan Pendidik. Fis. Ke-6, vol. 6, pp. 57–62, 2015.

Amani, R. Z. (2017). Sistem Pendeteksi Dehidrasi Berdasarkan Warna Dan Kadar Amonia Pada Urin Berbasis Sensor TCS3200 Dan MQ135 Dengan Metode Naive Bayes.