Penerapan Algoritma Neural Network Untuk Mendeteksi Penyakit Diabetes Berbasiskan Algoritma Genetika

Main Article Content

Amin Rais

Abstract

Diabetes adalah sebuah penyakit dimana kandungan gula dalam darah tidak dapat diolah oleh tubuh. Berdasarkan kasus banyaknya penderita penyakit diabetes,maka perlu tindakan awal sebagai solusi dari permasalahan penyakit diabetes yaitu dengan melakukan prediksi guna mendeteksi dini penyakit diabetes. Hali ini perlu dilakukan karena sering kali keputusan medis yang dibuat berdasarkan pengalaman dan penaralan rasional. Prediksi penyakit diabetes dapat dilakukan dengan cara memanfaatkan beberapa data pasien penderita penyakit diabetes yang telahtersimpan dalam basis data guna dibuat suatu pola untuk penentuan penyakit diabatesdengan tekanik Artificial Intelligence sehingga hasil diagnose yang tidak tepat dapat dihindari. Dalam penelitian ini menerapkan Algoritma genetika (GA) untuk mengoptimalkan model Neural Network (NN) dengan cara pencarian nilai parameter terbaik pada model Neural Network (NN). Hasil eksperimen menunjukkan terjadiinya penurunan nilai RMSE yang berarti terjadi peningkatan pada nilai akurasiprediksi, yaitu dari 0,402 +/- 0,035 menjadi 0,396 +/- 0,032. Dengan adanya optimasi prediksi model NN, maka para pengambil kebijakan terkait dapat menentukan prediksi penyakit diabetes dengan lebih akurat.

Article Details

How to Cite
Amin Rais. (2021). Penerapan Algoritma Neural Network Untuk Mendeteksi Penyakit Diabetes Berbasiskan Algoritma Genetika. SinarFe7, 4(1), 197–201. Retrieved from https://journal.fortei7.org/index.php/sinarFe7/article/view/86
Section
Articles

References

P. Arsi and O. Somantri, “Deteksi Dini Penyakit Diabetes Menggunakan Algoritma Neural Network Berbasiskan Algoritma Genetika,” J. Inform. J. Pengemb. IT, vol. 3, no. 3, pp. 290–294, 2018, doi: 10.30591/jpit.v3i3.1008.

I. Istianah, Septiani, and G. K. Dewi, “Mengidentifikasi Faktor Gizi pada Pasien Diabetes Mellitus Tipe 2 di Kota Depok Tahun 2019,” J. Kesehat. Indones. (The Indones. J. Heal., vol. X, no. 2, pp. 72–78, 2020.

M. Tipe and D. I. Kota, “Diabetes Mellitus,” J. Heal. Educ., vol. 25, no. 1, pp. 57–60, 1994.