Analisis Robot Sensor Pendeteksi kotoran Debu Dan Air Pada Lantai Rumah Dengan sensor ultrasonik

Main Article Content

Hasanuddin

Abstract

Sensor merupakan salah satu komponen elektronika yang memiliki kemampuan yang bisa di bilang cukup handal dan terbilang memiliki banyak jenis salah satu dari jenis2 sensor tersebut adalah seperti halnya, seperti sensor ultrasonik, sensor kelembaban, dan sensor debu. Saat ini hampir setiap peralatan elektronik dilengkapi dengan komponen sensor, seperti robot yang dirancang ini, dilengkapi dengan sensor kelembaban dan sensor debu.


       Adapun Tujuan dari penelitian ini sendiri adalah untuk mengetahui kinerja dari sensor kelembaban itu sendirir dan sensor debu dalam mendeteksi kotoran lalu sensor mengirim sinyal ke mikrokontroller yaitu Arduino Mega 2560. Dari hasil penelitian kinerja sensor pada robot pendeteksi kotoran debu lantai dan air berbasis Arduino waktu respon sensor jarak mendeteksi penghalang di ruangan senilai 2 detik, waktu respon sensor debu mendeteksi debu lebih lama yaitu 2 menit ini dikarenakan pemasangan sensor debu yang kurang tepat sehingga lambat mendeteksi  debu.


Penggunaan sensor di perangkat-perangkat elektronik ini telah diaplikasikan di hampir semua bidang di kehidupan kita sehari-hari mulai dari perangkat pribadi, layanan kesehatan, keamanan, industri, hiburan, transportasi, militer, alat rumah tangga hingga ke sektor pertanian. Dengan demikian semakin besarnya penggunaan Sensor di dalam Teknologi masa kini, pengetahuan tentang sensor ini menjadi sangat penting dan wajib kita pahami apa sebenarnya yang dilakukan oleh sensor serta jenis-jenis sensor tersebut


Sedangkan waktu respon sensor kelembaban dalam mendeteksi air senilai 3 detik. Untuk unjuk kerja robot pada sensor kelembaban membersihkan air di lantai sebanyak 1 ml sebesar 10 sampai dengan 17 detik dan untuk unjuk kerja robot pada sensor kelembaban untuk membersihkan air sebanyak 2 ml sebesar 20 sampai dengan 30 detik.

Article Details

How to Cite
Hasanuddin. (2021). Analisis Robot Sensor Pendeteksi kotoran Debu Dan Air Pada Lantai Rumah Dengan sensor ultrasonik. SinarFe7, 4(1), 202–205. Retrieved from https://journal.fortei7.org/index.php/sinarFe7/article/view/87
Section
Articles

References

Sutoyo. T, Mulyanto. Edy, Suhartono. Vincent, Dwi Nurhayati Oky, Wijanarto, “ Teori Pengolahan Citra Digital ”, Andi Yogyakarta dan UDINUS Semarang, 2009.

Feng Guo, Qixin Cao, ” Study on Color Image Processing Based Intelligent Fruit Sorting System”, Proceedings of the 5" World Congress on Intelligent Control and Automation, June 15-19, 2004, Hangzhou, P.R. China , 2004.

Aldasouqi Iyad, Hassan Mahmoud, “ Human Face Detection System Using HSV ”, Recent Researches in Circuit, Systems, Electronics, Control & Signal Processing. ISBN: 978-960-474-262-2.

Kusumanto. RD, Tompunu A. N, Pambudi W S, (2011), “Klasifikasi Warna Menggunakan Pengolahan Model Warna HSV”, Seminar Nasional Teknik Elektro (SNTE) 2011, Politeknik Negeri Jakarta, 8 September 2011, ISBN: 978‐602‐97832‐0‐9.

Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan Nasional, ” Panduan Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI 2011)”, 2011.

Pambudi. W. S, Salamah I, Tompunu A. N, (2011), “ Deteksi dan Estimasi Jarak Obyek Menggunakan Single Camera Dengan Model Segmentasi HSV ”, Seminar Nasional Teknoin 2011, Universitas Islam Indonesia, Semarang, Indonesia.

Rumelhart DE, Hinton GE, Williams RJ, (1988), “ Learning representations by back-propagating errors “ . In: Neurocomputing: foundations of research, pp 696–699.

Leitner, J.; Harding, S.; Frank, M.; Forster, A.; Schmidhuber, J., "Artificial neural networks for spatial perception: Towards visual object localisation in humanoid robots," Neural Networks (IJCNN), The 2013 International Joint Conference on , vol., no., pp.1,7, 4-9 Aug. 2013.

Haykin S, (1999), “ Neural Nerworks 2nd “, Pearson Education Singapore.

Werbros, P.J, (1974), “ Beyond regression : New tools for prediction and analysis in the behavioral science “, Unpublished doctoral dissertation, Harvard University.

Budiharto Widodo., Purwanto Djoko., Jazidie A., (2010) “Indoor Navigation using Adaptive Neuro Fuzzy Controller for Servant Robot”, in proc. IEEE 2nd Interantional Conference on Computer Engineering and Its Application (ICCEA 2010), Bali Indonesia, pp. 582.586 DOI:10.1109/ICCEA.2010.119