KONTROL ROBOT MENGGUNAKAN SISTEM PENGENALAN POLA GERAK TANGAN SEDERHANA EEG (ELECTROENCHELPALOGRAPH)

Main Article Content

Mahendra MS

Abstract

Electroencephalograph (EEG) merupakan  teknik merekam aktifitas listrik pada otak dibagian yang berbeda dan informasi tersebut diubah menjadi suatu pola atau gambaran digital atau dicatat pada kertas yang disebut electroencephalograph. Penelitian ini menggunakan parameter tangan sebagai kendali robot untuk gerak maju dan mundur yang dikomunikasikan melalui komputer yang dihubungkan ke mikrokontroler arduino sebagai pengatur gerak motor. Software openvibe digunakan untuk merekam dan menampilkan sinyal output EEG untuk keperluan identifikasi sinyal. Dengan bantuan program matlab yang dibangun untuk mengklasifikasi sinyal output EEG dengan mengidentifikasi karakter sinyal dari variasi frekuensi dan amplitudo sinyal yang dihasilkan EEG. Adapun respons gerak motor yang dihasilkan adalah maju, mundur dan berhenti.

Article Details

How to Cite
Mahendra MS. (2021). KONTROL ROBOT MENGGUNAKAN SISTEM PENGENALAN POLA GERAK TANGAN SEDERHANA EEG (ELECTROENCHELPALOGRAPH). SinarFe7, 4(1), 366–368. Retrieved from https://journal.fortei7.org/index.php/sinarFe7/article/view/89
Section
Articles

References

C. Babiloni, F. Babiloni, F. Carducci, F. Cincotti, G. Cocozza, C. Del Percio, P. M. Rossini. Human cortical electroencephalography (EEG) rhythms during the observation of simple aimless movements: a high-resolution. Neuroimage, 17(2), 559-572, 2002.

A. A. Rizal dan S. K. wijaya. Pengendalian gerak mobile robot berbasis BCI (Brain Computer Interface). Prosiding Seminar Nasional Fisika, Universitas Negri jakarta, 28 Mei 2016, SNF2016- CIP-1-6, ISSN: 2476-9398.

D. Anggraeni, W. S. M. Sanjaya dan M. Y. Nurasidik. Rancang bangun smarthome menggunakan headset mindwave pendeteksi sinyal otak secara real time berbasis python dan mikrokontroler arduino. Alhazen journal of physics, 2(2), 18-27, 2015.

M. R. A. Putra, E. C. Djamal, dan R. Ilyas. Brain Computer Interface untuk Menggerakkan Robot Menggunakan Recurrent Neural Network. Prosiding Seminar Nasional Rekayasa Teknologi Informasi, Universitas Serang raya, 2-3 November 2018, 192-198.