Simulasi Akuisisi Sinyal Suara Dengan Menggunakan Matlab

Main Article Content

Iftitah Febriana

Abstract

Bunyi menjadi alat komunikasi yang digunakan manusia. Suara merupakan bunyi yang berarti hasil dari getaran benda berupa sinyal analog dengan amplitudo yang dapat berubah secara kontinyu terhadap waktu dan merambat melalui udara. Terdapat perbedaan tekanan yang terjadi di udara sekitarnya saat getaran terjadi disebut sebagai gelombang yang memiliki sebuah pola yang sama yang berulang dalam interval tertentu disebut dengan periodik. Metode yang digunakan untuk melakukan simulasi akuisisi sinyal suara ini adalah untuk mengetahui pengenalan suara manusia. Simulasi yang dilakukan menggunakan sebuah perangkat lunak bernama Matlab. Proses yang dilakukan dengan cara merekam suara dengan menggunakan mikrofon pada laptop. tahapannya yaitu membuat tampilan untuk memasukkan rekaman sinyal serta untuk hasil dari rekaman sinyal tersebut.Hasil penelitian ini telah dilakukan sesuai langkah-langkah penyusunan program yang telah dibuat berdasarkan pada metode. Percobaan yang dilakukan sesuai mekanisme ADC/DAC, konversi analog-to-digital atau digital-to-analog. Perobaan simulasi akuisisi sinyal suara manusia ini melakukan percobaan sebanyak tiga kali. Setiap percobaan merekam sinyal suara dengan kalimat dan intonasi yang berbeda.Hasil dari simulasi akuisisi sinyal suara dengan menggunakan Matlab dengan konversi sinyal ADC/DAC berhasil melakukan tiga percobaan dengan kalimat dan intonasi yang berbeda. Ketika intonasi yang digunakan keras maka hasil dari frekuensi cuplikan pada keluarannya semakin presisi.

Article Details

How to Cite
Iftitah Febriana. (2021). Simulasi Akuisisi Sinyal Suara Dengan Menggunakan Matlab . SinarFe7, 4(1), 209–213. Retrieved from https://journal.fortei7.org/index.php/sinarFe7/article/view/90
Section
Articles

References

Andhika Wiranto, Muhammad Subadi, Imam Purwanto, “Pengenalan Sinyal Suara Huruf Hijaiyah Berdasarkan Nilai Korelasi Silang Menggunakan Perangkat Lunak Matlab”, Jurnal Ilmiah KOMPUTASI, Vol. 14, no. 2, 2015.

Khairunnisa, Yoenie Indrasary, “Simulasi Akuisisi Data Sinyal Audio”, Jurnal SimanteC Vol. 5, no. 2, 2016.

R. A. I. Sibarani, “Identifikasi Sinyal Suara Menggunakan Metode Fast Fourier Transform (FFT) Berbasis Matlab, Vol. ,no. ,2014.

Rusli Kustaman, “Bunyi dan Manusia”, ProTVF, Vol. 1, no. 2, 2017.