Simulasi Kipas Angin Otomatis Deteksi Suhu Ruangan Dengan LM35 Berbasis Arduino

Main Article Content

Khoirul Akbar

Abstract

Banyak manusia yang telah membuat atau mencipkan alat-alat untuk mempermudah kehidupan. Saat suhu cuaca di sekitar meningkat, maka seseorang akan mengalami rasa yang gerah. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui suhu sekitar. Untuk membuat kipas angin otomatis yang mengetahui suhu cuaca, membutuhkan Arduino Uno sebagai mikrokontroler atau otak dari program tersebut dan sensor suhu LM35 untuk mendeteksi suhu di sekitar.Metode yang digunakan pada simulasi ini adalah mengetahui berapa temperature atau suhu suatu ruangan menggunakan sensor suhu LM35. Simulasi yang dilakukan ini menggunakan software aplikasi proteus. Menggunakan beberapa komponen antara lain yaitu Arduino Uno R3, sensor LM35, LCD, Fan-DC, dan LED.pada tampilan LCD bertuliskan “Kipas Mati” karena inputan atau sensor LM35 mendeteksi suhu kurang dari 20 derajat sehingga kipas mati dan led menyala sebagai indicator jika kipasnya mati. pada tampilan LCD bertuliskan “Kipas Menyala” karena inputan atau sensor LM35 mendeteksi suhu lebih dari 20 derajat sehingga kipas menyala dan led mati sebagai indicator jika kipasnya mati. Adanya perancangan kipas angin otomatis ini membantu meringankan salah satu kegiatan. Dengan menggunakan Arduino Uno dapat membuat suatu teknologi yang berguna salah satunya adalah kipas angin otomatis dengan sensor suhu LM35 di mana saat suhu terdeteksi di bawah 20 derajat, kipas angin akan otomatis mati, sedangkan saat suhu menyentuh 20 derajat kipas angin akan otomatis menyala.

Article Details

How to Cite
Khoirul Akbar. (2021). Simulasi Kipas Angin Otomatis Deteksi Suhu Ruangan Dengan LM35 Berbasis Arduino. SinarFe7, 4(1), 214–218. Retrieved from https://journal.fortei7.org/index.php/sinarFe7/article/view/91
Section
Articles

References

Deny N, auriq Fuji N. A, Prasetya Perwira P. P, “Purwarupa Kipas Angin Otomatis dengan Sensor LM35 Sebagai Penghemat Listrik di SDN 002Tanjungpinang Timur”, JOIVE, Vol. 4, no. 1, 2021.

M. Afton Badruzzaman, “Simulator Saklar Otomatis Kipas Angin Menggunakan Sensor Suhu”, Universitas Negeri Malang, 2010.

Jaenal Arifin, Heryyawan P, Bukti Gultom, “Deteksi Suhu Ruangan dan Penggerak Kipas Angin Berbasis Arduino

Uno Denan Report SMS”, ELECRICIAN-Jurnal Rekayasa dan Teknologi Elektro, Vol. 12, no. 2, 2018.

L. Suryadi, . Darmanto, A. Yulius A. P, “Perancangan Sistem Kontrol Kipas Angin Otomatis Dengan Menggunakan Sensor Suhu LM35 Berbasis Mikrokontroler ATMEGA16”, Vol. 2, no. 2, 2015.